Advertisement here

Perbedaan PLC dengan mikrokontroler

Perbedaan PLC dengan mikrokontroler ,kelebihan dan kekurangan PLC ,kelebihan dan kekurangan mikrokontroler


Bagi sebagian orang pastilah asing dengan yang namanya PLC dan mikrokontroler , PLC atau kependekan dari Programmable logic control adalah suatu sistem yangmana didalamnya terdapat memori internal yang dapat menjalankan suatu instruksi apabila kita memprogramnya sesuai dengan software yang telah tersedia.PLC ini umumnya digunakan untuk pemakaian di lingkungan industri.
nah gambar diatas merupakan contoh salah satu merk PLC
pada dasarnya semua komponen mempunyai kelebihan dan kekurangan tidak terkecuali PLC ini
PLC juga mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

1. Serba Guna
atau dalam kalta lain bisa juga disebut fleksibel karena PLC ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan kontrol dan dapat mengontrol beberapa komponen dalam berbagai sistem.
 

2. Jumlah kontak yang banyak
Jumlah kontak yang dimiliki oleh PLC pada masing-masing coil sangatlah cukup banyak dan maka dari itu dapat untuk mengontrol berbagai komponen secara langsung.dan karena banyak kontak inilah kita dapat lebih mudah dalam wiringnya.


3. Kemudahan dalam sistem koreksi dan pengubahan suatu program
semisal nih kalian ada yang sudah program banyak banyak tetapi pas di simulasikan kok salah nah PLC ini sangatlah mudah dalam menggantinya hanya anda cukup mengubah program dengan software yang tersedia.

5. Kecepatan operasi

kecepatan dari pada PLC ini dalan dsatu scan adalah 0,01 secon

6. Sifatnya tahan uji
PLC lebih tahan dibandingkan dengan komponen komponen elektronika lain seperti timer,kontaktor dan lain lain

7. Menyederhanakan komponen-komponen sistem kontrol
dalam sistem PLC yang namanya sensor sensor dan program program yang rumit seperti timer dan counter dapat dimimalisir.jadi kita tidak perlu susah susah wiring kabel banyak.


Kekurangan dari PLC 

1.Program yang masih sulit
ada sebagian orang yang biasa menggunakan draft dan pada saat disuruh menggantinya ke dalam ladder plc mereka kesulitan entah kenapa ? padahal hal itu menurut saya lebih mudah dan apa lagi disuruh untuk mengganti ke sistem FBD lebih lebih sulit

2.Pada sistem operasi yang tetap dan tidak berubah ubah
nah apabila anda menginginkan suatu sistem pengontrolan hanya itu itu terus tidak ada perubahan maka urungkan dalam pemakain PLC ini karena sangat tidak ekonomis

3. Harga yang relatif mahal
PLC sangatlah mahal dan tidak ekonomis kalau hanya uimtuk mengontrol hal hal yang simple 
harga dari PLC sendiri bervariasi yaitu tergantung merk 

Dalam bidang elektronika khususnya programming ada juga peralata elektronika yang bisa digunakan untuk kontrol  selain PLC yaitu MIKROKONTROLER
Apa itu Mikrokontroler ? ya pada prinsipnya sama seperti PLC sama sama berbasis mikroprosesor dan dalam segi ukuran mikrokontroler ini sangat jauh lebih minimsalis.mikrokontroler biasa dikenal dengan basis arduino dalam pasaran luas.


kelebihan dari mikrokontroler ini adalah sebagai berikut

1.harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan PLC
Kalau plc dapat mencapai juta jutaan lain halnya dengan mikrokontroler yang hanya berkisar dari puluhan hingga ratusan ribu.

2.Bentuk fisik yang relatif lebih simple dibandingkan dengan PLC
untuk bentuk fisiknya bisa jadi lebih kecil dan fleksibel pula serbaguna.

3. Mikrokontroler ini mempunyai fasilitas tambahan yang dapat menambah sebuah input dan output dengan cara memprogramnya lewat komputer.

kekurangan dari mikrokontroler ini

1.Tidak lazim digunakan dalam lingkungan industri
walaupun memang tidak lazim tetapi tidak dapat menutup kemungkinan bagi kalian ahli elektronika untuk membuat pengontrolan dengan mikrokontroler ini.Dan kalian juga akan mendapatkan berbagai keuntungan apabila bisa memadukannya dengan PLC .

2.Bahasa program yang sulit dimengerti
Bahasa yang digunakan dalam sistem mikrokontroler ini adalah bahasa assembly ,virtual basic dasn pemrograman C+.cukup sulit bagi masyarakat awam.

nah sekian  artikel tentang " Perbedaan PLC dengan Mikrokontroler " semoga dapat bermanfaat dan saya mohon maaf  apabila masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Elektronika,PLC,Tips