Advertisement here

Fungsi dan Cara Kerja Surge Arrester


Fungsi dan Cara Kerja Surge Arrester

Apa itu Surge Arrester ?

Surge Arrester adalah sebuah alat yang didesain khusus untuk mengatasi listrik apabila terjadi Over Voltage atau Tegangan yang berlebih.
 Tegangan yang berlebih ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor , Akan tetapi paling banyak adalah karena adanya sambaran petir.Kita ketahui bersama bahwa setiap kali petir itu menyambar maka akan ada beribu ibu voltage dan amper yang masuk.Dalam kasus inilah Surge Arrester berkerja.

Surge Arrester sendiri biasanya lebih spesifik untuk melindungi peralatan peralatan elektronik yang kita pakai seperti halnya Radio ,Televisi,Kulkas dan masih bannyak lagi.Pada pengaplikasiannya terdapat beberapa jenis Surge Arrester berdasarkan kegunaanya

1.Surge Arrester untuk Listrik
Untuk listrik itu sendiri biasanya surge arrester ini mengambil peran pada sebuah panel induk panel pembagi dan beberapa juga terdapat pada alat elektronik yang kita gunakan.

2.Surge Arrester untuk Antena
Antena juga perlu dipasang surge arrester kawan karena kebanyakan antena yang lebih langsung terkena induksi dari petir.

3.Surge Arrester untuk Data
Untuk proteksi pada jaringan data dapat berupa proteksi pada jalur server dan router , jalur jaringan telepon dan jalur jaringan DVR atau CCTV.


Fungsi Surge Arrester  
Fungsi Surge Arrester  yang lebih detail adalah berfungsi mengarahkan  tegangan yang berlebih tadi menuju ke Grounding atau Bumi.Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa nilai resistansi pentanahan Grounding haruslah bagus agar alat ini dapat bekerja dengan baik dan benar.

Lalu Apa bedanya Surge Arrester dengan MCB
Perbedaannya adalah jika MCB ini adlah pengaman dengan Basis Satuan Listrik Ampere jadi MCB akan bekerja atau trip jjika Arus yang melewati suatu rangkaian melebihi batas kemampuannya.Jika Surge Arrester ini adalah sebuah proteksi yang berbasis pada tegangan karena jika tegangan yang masuk pad alat ini melebihi batas kemampuannya maka alat ini akan bekerja.

Cara Kerja Surge Arrester                                      
Pada Sebuah Surge Arrester ini terdapat dua buah lempengan yang salah satunya dihubungkan ke instalasi Grounding dan  salah satu sisinya lagi dihubungkan ke instalasi yang kita amankan.


Jadi Jika terjadi sebuah sambaran petir maka kedua lempeng ini akan terhubung dan berkerja sehingga mengirimkan tegangan yang berlebih  itu ke Grounding nah pada tahap ini fungsi Surge Arrester dan Grounding yang kita buat akan terlihat.Apabila kita sudah memasang surge arrester akan tetapi masih terjadi kerusakan pad alat yang kita gunakan maka kita perlu curiga pada Grounding sistem dan Surge Arrester itu sendiri.

Sekian pembahasan Mengenai Surge Arrester semoga dapat bermanfaat bagi kita semua

Penulis : Sapto Triwibowo
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,How To,Instalasi,Tips