Advertisement here

Cara memasang saklar tunggal dan saklar seri atau ganda


Cara memasang saklar tunggal dan saklar seri atau ganda


Pada dasarnya semua saklar itu sama ,digunakan untuk memutus dan menghubungkan sebuah muatan listrik(fasa) ,jadi yang masuk saklar cuma fasa bukan netral ! Selain itu saklar juga dapat untuk menghemat pemakaian listrik untuk lampu dan perangkat lainnya.Saklar memiliki sebuah terminal input dan output.

 Pada saklar tunggal terminal input ada 1 dan output juga ada 1,merk merk ternama yang ada di indonesia yang memproduksi saklar yaitu seperti broco dan scheineder electric.Umumnya saklar tunggal digunakan untuk menghidup dan mematikan satu lampu,akan tetapi bila anda menginginkan untuk 2 atau 3 lampu maka anda dapat menseri atau mempararel lampu 1 ke lampu berikutnya.

  Saklar seri atau ganda adalah sebuah saklar yang mempunyai input 2 dan output 2,di bagian input saklar ini dicouple atau dihubung seri agar lebih praktis.Saklar ini dapat untuk menghidup dan mematikan dua lampu yang mana satu lampu dapat mati dan satu lampu lagi dapa hidup.

  Pemasangan saklar dibedakan menjadi 2 yaitu

1. Inbow : pemasangan saklar ini ditempatkan di dalam tembok,dan sebelumnya dipasangan tempat berbentuk bundar untuk saklar. Kelebihan sistem ini adalah dilihat dari segi kerapian sistem inbow ini sangat terlihat rapi dan praktis. 2.Outbow : pemasangan saklar ini ditempatkan pada tiang tiang atau tembok yang berbahan dasar kayu. Pada sistem outbow ini menggunakan bantuan Rosed. Rosed adalah kayu yang digunakan untuk dudukan saklar.

Cara pemasangan saklar tunggal

Pada saklar tunggal anda perlu mengambil 2 warna kabel yang berbeda hitam sama biru atau merah sama biru yang pada ujung ujungnya telah anda kupas isolasinya.Pada merk broco yang model inbowdos anda tarik saja inputan dan outputan terminal kabel pada saklar tunggal tersebut. Kemudian anda masukan kabel fasa(hitam atau merah) dari sumber pln ke inputan saklar,dan masukan lagi kabel merah ke outputan saklar yangmana kabel tersebut nantinya akan dipasang di fiting lampu bersama kabel warna biru(netral sumber),setelah kabel masuk dalam terminal saklar maka anda perlu menekannya agar kabel tidak copot atau lepas.Tarik kabel dari output saklar menuju ke titik lampu yang akan anda kontrol.Setelah selesai coba anda tes dengan menekan saklar pada posisi on atau off.

Cara pemasangan saklar seri atau ganda

Pada saklar seri anda perlu mengambil 3 warna kabel yang berbeda,hitam = input saklar ,merah untuk output saklar yangmana outpitannya ada 2 maka membutuhkan kabel merah 2,biru = untuk netral yang nantinya akan dipasang di fiting lampu. Pertama anda tarik kanel warna hitam kupas terlebih dahulu ujung ujung kabel tersebut.Setelah itu,masukan salah satu ujung ke inputan saklar seri tersebut (yang lubangnya 1sendiri) Dan setelah itu anda dapat mengencangkannya agar benar benar kokoh.Tarik kabel merah dan masukan ke outputan saklar ,setelah terpasang hubungkan masing masing outputan saklar ke fiting lampu yang berlainan yang mau anda kontrol bersamaan dari itu anda tarik kabel netral dan masukan ke fiting lampu tersebut .Setelah selesai anda dapat mengujinya dengqn menekan saklar pada posisi on atau off. Oke cukup sekian artikel mengenai "Cara pemasangan saklar seri dan ganda " semoga dapat bermanfaat untuk kita semua .
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Instalasi,Tips