Advertisement here

Fungsi dan Cara Kerja Sensor Proximity

Fungsi dan Cara Kerja Sensor Proximity
Apa itu Sensor Proximity?,Fungsi dan Cara kerja Sensor Proximity,Jenis Jenis Sensor Proximity,Harga Sensor Proximity

Setelah kemarin saya memposting artikel tentang  Mengenal Apa itu Limit Switch ?Kali ini saya akan membahas tentang Sensor Proximity
Pada pembahasan kali ini akan membahas tentang
1.Apa itu Sensor Proximity?
2.Fungsi dan Cara kerja Sensor Proximity
3.Jenis Sensor Proximity
4.Harga Sensor Proximity

Apa itu Sensor Proximity ?

Sensor Proximity atau biasa lebih terkenal dengan nama Sensor Jarak.Dalam dunia otomasi biasanya dipasang dalam sebuah input digital.Sensor ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi atau membaca perpindahan suatu benda(objek) berdasarkan jarak .Jarak yang bisa dibaca bervariasi mulai dari mm sampai dengan Cm.Sensor ini bekerja dengan rentang tegangan 10-30 Vdc atau juga ada yang sampai dengan 110-220Vac.

Sensor ini mempunyai banyak kelebihan diantaranya adalah
- Mudah dalam pemasangan
Sensor ini tidaklah serumit sensor sensor lain yang mungkin memerlukan kalibrasi terlebih dahulu.
- Tahan terhadap berbagai macam goncangan dan benturan.
- Mudah dalam Proses Maintenance
Perawatannya mudah dan tidak terlalu memerlukan waktu yang lama.

Kekurangan dari Sensor ini dapat terlihat pada sensor jenis optik , karena apabila kotor maka nilai pembacaan akan kacau.


Bagaimana Fungsi dan Cara kerja Sensor Proximity ?

Untuk Fungsi daripada Sensor Proximity biasanya digunakan sebagai saklar otomatis mirip sepertiLimit Switch
Biasanya digunakan di dunia industri yang bergerak lebih ke otomasi dan juga perkantoran perkantoran modern.
Contohnya pada sistem buka gerbang otomatis jika Limit switch Digunakan untuk mematikan suatu motor Listrik beda lagi dengan Proximity Sensor.Dalam kasus ini biasanya Sensor ini digunakan sebagai trigger agar motor dapat on atau bekerja.

Cara kerja Sensor Proximity

Sensor jenis ini bekerja berdasarkan jarak obyek(bisa berbagai macam benda) terhadap sensor. Ketika ada suatu obyek logam maupun non logam mendekat pada sensor dengan jarak yang cukup dekat maka sensor akan bekerja sebagai detektor obyek dan menangkap sinyal sebagai tanda bahwa ada obyek yang melewati sensor.

Macam macam Sensor Proximity
Ada 3 jenis Sensor Proximity yang banyak dijual dipasaran yaitu :

Proximity Inductive (sensor induktif)

Sensor jenis ini digunakan untuk mendeteksi sebuah objek yang berjenis logam. Mekanismenya adalah apabila terdapat suatu tegangan sumber, dan isolator maka sensor akan membangkitkan sebuah medan magnet yang berfrekuensi tinggi. Dengan proses ini, Bilamana ada sebuah benda logam yang terdeteksi oleh permukaan sensor maka medan magnet yang di hasilkan akan berubah dan perubahan ini yang akan dikirim ke sistem dan  membuat sensor memberikan sinyal.

Proximity Capacitive (Sensor Kapasitif)

Pada sensor jenis ini dapat mendeteksi benda baik logam maupun non logam.Mekanismenya adalah dengan mengukur perbedaan kapasitansi medan listrik pada kapasitor.

Proximity Optic Sensor(Sensor optik)

Sensor proximity jenis ini mendeteksi keberadaan suatu obyek dengan prinsip pembiasan cahaya atau pantulan cayaha(refleksi) menggunakan sebuah infra red.Mekanismenya adalah apabila terdapat benda dengan jarak yang  dekat dengan sensor, maka cahaya yang terdapat pada sensor akandipantulkan kembali pada penerima sehingga penerima akan mengolah sinyal tersebut dan dibuat sebagai tanda bahwa ada obyek yang melewati sensor.

Harga Sensor Proximity
Untuk harga bervariasi kisaran harga adalah Rp.70.000an tergantung jenis spesifikasi kelengkapan serta merk dari Sensor itu sendiri.

Sekian Pembahasan tentang "Mengenal Apa itu Sensor Proximity?"Semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan postingan ini jika dirasa bermanfaat.

Terimakasih .

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,How To,PLC,Tips