Advertisement here

Cara mengubah putaran motor listrik 1 fasa


Cara mengubah putaran motor listrik 1 fasa ,wiring membalik putaran motor listrik satu fasa,motor listrik putar kanan kiri

Apa itu motor satu fasa ?

Singkatnya Motor 1 fasa adalah motor yang menggunakan sumber listrik satu fasa.Kebanyakan dari kita lebih familiar degan motor 3 fasa dan seringkali meremehkan atau menganggap mudah sebuah instalasi untuk kontrol motor 1 fasa.

Padahal pada prinsipnya kita harus tahu semua yang berkaitan dengan motor dan pengendalinya jika ingin menjadi seorang teknisi listrik.

Sebelumnya saya pernah membahas tentang cara  mengubah putaran motor listrik tapi untuk  yang 3 fasa,karena mudahnya cara mengatur putaran motor listrik 3 fasa  dibandingkan motor listrik 1 fasa menurut saya.

Sedikit mengulas lagi tentang Forward Reverse atau Putar Kanan Kiri ,yangmana peran motor listrik itu sendiri juga tergantung pada tinngkat efisiensinya digunakan dan pengontrolannya maka para perancang motor listrik dulu kala telah memikirkan cara mengubah putaran motor listrik yang tadinya kanan ke kiri atau sebaliknya.

Pada prinsipnya untuk mengubah putaran motor listrik kita hanya perlu memikirkan Arah fluksi magnet karena arah ini yang menentukan si motor mau berputar kearah mana  kekanan atau ke kiri.

Tidak segampang itu,

Ya untuk motor listrik 1 fasa tidak segampang motor listrik 3 fasa yang hanya dengan merubah salah satu fasanya,untuk motor listrik 1 fasa ini kita perlu hati hati dan teliti membaca gambar serta perlu tahu dulu apa itu kumparan utama dan kumparan bantu.Kumparan utama adalah kumparan yang digunakan untuk susunan primer dan kumparan bantu untuk susunan sekunder.

Cara mebedakannya biasanya Kumparan utama memiliki diameter kawat yang lebih besar dibandingkan dengan kumparan bantu.

Konsep Pembalikan

Jika kita sudah mempunyai prinsip bahwa jika motor putarannya mau dibalik maka kita harus mengubah polaritasnya ya itu sudah lumayan.

Karena pada motor 1 fasa ini kita juga akan mengubah polaritas juga ,Akan tetapi yang kita ubah adalah polaritas kumparan utama atau kumparan bantu.Sedangkan jika dibandingkan dengan motor listrik 3 fasa yang diubah adalah polaritas Sumber tegangannya R-S-T.

Sebagai Contoh

Pada contoh ini saya akan menggunakan motor kapasitor ,karena saya lihat motor kapasitor ini keberadaannya sangat banyak di gunakan contohnya adalah kompresor Ac , pompa air sedikit membahas keunggulan dari 1 fasa motor kapasitor ini adalah mmemiliki desain konstruksi yang sederhana dengan daya listrik yang kecil.Dibawah ini merupakan gambar dari pemasangan motor listrik 1 fasa putaran kanan kiri


-          untuk gambar yang paling atas dapat kita lihat bahwa dengan wiring tersebut motor kita akan berputar ke kanan
-          untuk gambar yang kedua motor listrik kita akan berputar ke kiri , mengapa demikian karena sesuai dengan penjelasan saya diatas bahwa untuk merubah putaran motor listrik 1 fasa kita harus mengubah polaritas dari kumparan utama atau kumparan bantu.

Untuk gambar disini dapat kita lihat bbersama bahwa yang dinamakan polaritas /kutub adalah gambar yang di beri simbol U1-U2 dan Z1-Z2
Tutorial memasangnya
1.Sambungkan terminal L dengan Terminal U2
2.Sambungkan terminal N dengan Terminal U1
3.Sambungan U2 dengan polaritas kapasitor + misal
4.Sambungkan polaritas kapasitor – ke terminal Z1
5.Sambungkan Terminal U1 ke z2
6.Test ke sumber listrik
-          Untuk gambar yang ketiga itu mirip dengan gambar yang kedua perbedaanya adalah jika gambar yang kedua polaritas yang diubah adalah polaritas dari kumparan utama sedangkan untuk gambar ke 3 ini polaritas yang diubah adlah polaritas kumparan bantu.

Sekian pembahasan saya mengenai Cara mengubah putaran motor listrik 1 fasa semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Jika ada pertanyaan atau kritik saran anda dapat menghubungi saya lewat halaman contact di blog ini
Selamat berkarya selamat mencoba .
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,How To,Motor Listrik,Tips