Advertisement here

Cara Kerja Sensor RTD Resistance Thermal Detector


Cara Kerja Sensor RTD  Resistance Thermal Detector


Sensor sensor di pasaran memang sangat banyak sekali jenisnya semua itu adalah wujud dari perkembangan teknologi yang sangat pesat.Beberapa dari sensor tersebut sudah saya bahas di blog ini
Pada kali ini saya akan membahas tentang sensor RTD yang banyak sekali dipakai di dunia industri.

Apa itu Sensor RTD ?

Sensor RTD atau juga bisa di sebut Resistance Thermal Detector adalah sebuah sensor untuk mendeteksi suhu.Sensor ini biasanya tebuat dari bahan bahan yang tidak mudah korosi.Bahan yang terbaik  adalah bahan platina karena bahan ini dapat membaca suhu hingga 1500 derajat Celcius.
Jika dilihat kita bisa tahu bahwa ada sebuah inti yang di berikan lilitan dan ada kabel yang menghubungkan ke sumber tegangan.

RTD ini bisa kita hubungkan ke sebuah PLC akan tetapi kita bisa hubungkan dulu ke Temperature Controller.Industri dengan Keakuratan suhu adalah konsumen terbesar produk produk sensor ini.


Bagaimana Cara Kerja dari RTD ini ?
Nah Prinsip yang dianut oleh RTD ini adalah jika terjadi perubahan suhu maka akan membuat ketahanan logam terhadap alairan listrik meningkat. Selaras dengan hal itu jika Suhu elemen RTD meningkat maka hambatan listriknya pun akan meningkat.

Biasanya RTD ini dibedakan dalam berbagai spesifikasi tentunya yang berhubungan antara suhu dan hambatan.Contohnya adalah jika 0 derajat maka pembacaan RTD 100 Ohm.

Kenapa memilih RTD ?
Memilih RTD bukan tanpa sebab karena RTD sendiri memiliki beberapa keunggulan keunggulan yang beberapa sensor suhu lain tidak bisa penuhi.Keunggulan keunggulan Tersebut adalah sebagi berikut :
·                 Tidak Memerlukan suhu referensi
Jadi untuk RTD ini tidak ada itu semacam referensi referensi suhu yang biasa digunakan pada sensor lain.Pada sensor ini semuanya dibaca secara akurat.

·          Tingkat Sensitivitas Tinggi
Jika kita ingin menambah tingkat sensitivitasnya kita dapat melakukannya  dengan cara memanjangkan kawat yang digunakan dan memperbesar tegangan eksitasi.


·          Dapat menghasilkan tegangan output  500 kali lebih besar daripada  termokopel
Termokopel adalah juga merupakan bagian bagian dari sensor sensor suhu yang banyak beredar dipasaran.

·         Tegangan keluaran yang tinggi
Oleh karena tegangan output yang tinggi ini  maka bagian elektronik pengolah sinyal menjadi lebih sederhana dan murah.

Pengontrolan suhu pada suatu tangki produksi juga dapat diselesaikan oleh alat sensor RTD ini karena pepmbacaan yang lebih akurat sehingga banyak para teknisi teknisi listrik menggunakan sensor ini dibandingkan beberapa sensor suhu lain.

Untuk merk merk jual dari Sensor RTD ini sangatlah banyak sekali contohnya adalah Omron dan Autonic.

Sekian Pembahasan saya tentang sensor RTD ada salah kata saya  mohon maaf semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Elektronika,How To,Tips