Advertisement here

Macam Macam Jenis LED Light Emitting Diode


Macam Macam  Jenis LED Light Emitting Diode
Macam Macam  Jenis LED Light Emitting Diode,LED yang banyak digunakan,Kelebihan LED

Led merupakan suatu komponen elektronika yang biasanya digunakan untuk indikator bahwa suatu rangkaian elektronika sedang berjalan.Led mempunyai banyak kegunaan selain yang saya sebutkan tadi,Led juga bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

Pada dasarnya Led ini adalah sebuah lampu akan tetapi lampu yang bekerja dengan tegangan DC atau Direct Current.Bisa kita ambil kesimpulan bahwa Led ini mempunyai 2 kaki untuk meletakkan sumber listriknya.Kaki kaki tersebut jika pada ruang lingkup disiplin ilmu elektronika maka sering disebut Kaki Katoda dan Kaki Anoda.

Perkembangan teknologi menjadikan Led sebagai komponen yang banyak bermanfaat bagi kehidupan kita.Mudahnya kita dapat melihat Led pada lampu motor kita atau juga pada Lampu rumah kita.

Prinsip hemat energi yang sering kita dengarkan membuat para ilmuwan elektronika membuat Lampu Hemat Energi untuk rumah kita.Dan menurut saya itu sangatlah membantu kita karena pencahayaan pada lampu Led menurut saya pas tidak terlalu silau ataupun redup.

Perkembangan Led disusul juga oleh perkembangan jenis jenisnya.Untuk jenis jeninya disini akan dibahas lebih spesifik menuju ke aspek bentuk komponennya

Secara garis besar jenis jenis Led yang beredar di pasaran terdapat 2 Jenis yaitu :

1.Led DIP

Led DIP atau kepanjangan dari Dual Inline Package.Led jenis ini adlaah sebuah Led yang sudah sejak lama digunakan oleh para ilmuwan atau para teknisi elektronika dalam membantu membangun sebuah mahakarnya yang sempurna.Menurut bebrapa artikel yang saya baca mengatakan bahwa Led ini sudah berumur Lebih dari 50 tahun dan ini lebih tua dari saya.
Keunggulan dari Led DIP ini adalah Kecerahan yang tinggi maka dari itu Led ini biasa juga disusun secara koloni untuk menghasilkan mahakarya seperti Runing Text ataupun Yang sederhana Lampu lalu lintas.Led ini juga kontras sekali jadi walaupun siang dan malam Led ini juga mudah kita lihat.
Untuk Spesifikasi dari Led ini sendiri biasanya Led jenis DIP ini bekerja dengan tegangan sumber 12 Volt DC dengan arus yang lumayan kecil dan memakan daya yang kurang dari 0,10 watt.Ini secara umum ya akan teetapi kita jika ingin menggunakan Led yang sesungguhnya kita bisa cek lagi typenya dan spesifikasi pada tahap ini saya hanya berbicara tentang garis besar dan umumnya.
2.Led SMD

Led SMD atau kepanjangan dari Surface Mount Device.Led ini bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan  Led DIP dan biasanya Led ini juga banya digunakan pada aplikasi indoor.Secara energi Led jenis ini lebih hemat dibandingkan Led DIP dan Led ini sangat bagus menampilkan pixel yang resolusinya kecil seperti Monitor atau TV Led.
Karena bentuk dan ukuran Led ini yang begitu kecil membuat beberapa  teknisi kewalahan pada saat menyoldernya ke dalam suatu Papan PCB dan karena Komponen dengan Surface Mount Tecnology ini tidak tahan panas maka tidak disarankan menyolder komponen SMD bagi pemula yang baru belajar ilmu menyolder.

Kesimpulan
Led itu ada 2 jenis yang  beredar dipasaran kedua jenis ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing.Jika anda ingin menggunakan untuk aplikasi Outdoor atau luar ruangan seperti kebanyakan Running Text dan Lampu Lalu Lintas saya sarankan menggunakan Led DIP.

Akan tetapi jika anda ingin menggunakan Led ini untuk aplikasi indoor dan membutuhkan perhitungan perhitungan penghematan energi anda dapat menggunakan Led tipe SMD.Kedua Light Emitting Dioda ini tetap sama yaitu menggunakan ssumber DC untuk menyalakannya.

Sekian Artikel mengenai Macam macam dan Jenis Led semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua yang baru mau mengenal apa itu led.

Terimakasih

Penulis : Sapto Triwibowo

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Elektronika