Advertisement here

Pengertian Fungsi Dan Cara Kerja Motor Servo


Apa sih Motor Servo ? Berapa Harga Motor Servo ?

                                    
Berbicara mengenai Motor Servo sebenarnya cukup luas sekali cakupannya.Mengingat kita bisa temukan beberapa jenis dari Motor Servo itu sendiri.Kegunaan dari Motor Servo ini sangat banyak sekali,Kita bisa temukan di mesin mesin produksi ,Robot  dan bahkan mainan anak-anak.

Motor Servo adalah sebuah motor listrik yang menggunakan prinsip kontrol umpan balik loop tertutup. Dengan prinsip ini maka kita dapat mengatur dan menentukan posisi sudut daripada poros Motor Servo ini.

Motor Servo terdiri atas beberapa bagian pendukung ,Bagian bagian tersebut saling bekerja dengan sinkron sehingga kita dapat memaksimalkan fungsi dari Motor Servo ini.Bagian bagian tersebut adalah :
  • 1.Motor DC
  • 2.Gear
  • 3.Rangkaian Kontrol
  • 4.Potensiometer

Dari 4 macam bagian tersebut dapat kita simpulkan begini ,Motor DC adalah motor yang digunakan untuk menggerakkan poros ,Gear disini berfungsi untuk memperlambat putaran motor tapi menambah torsinya.Sedangkan Potensiometer ini isinya adalah Hambatan ,Nah dengan mengatur hambatannya maka kita bisa juga mengatur batas posisi putaran dari Motor Servo tersebut.


Jenis jenis Motor Servo

Motor Servo terbagi menjadi 2 jenis yaitu Motor Servo AC dan Motor Servo DC.
Motor Servo AC biasanya digunakan pada industri industri serta mesin mesin yang membutuhkan kekuatan yang tinggi serta dapat dikontrol dengan mudah.

Sedangkan untuk Motor Servo DC ini biasanya menangani bagian simulator dari suatu mesin ,atau juga bisa digunakan pada robot robot kecil dan juga mainan anak anak sederhana.

Jika kita membeli Motor Servo pada pasaran selain kita disajikan pilihan tentang Servo AC dan DC ,kita juga akan diberi pilihan dari kemampuan putaran Motor Servo.
Dari kemampuan putaran poros dari Motor ini kita diberi 2 pilihan yaitu :

1.Motor Servo Rotation Standart
Motor Servo dengan tipe ini hanya mempunyai kemampuan poros untuk berputar sebanyak 180 derajat.Dengan kata lain kita dapat simpulkan bahwa Motor jenis ini akan berputar 90 derajat ke kanan dan 90 derajat juga ke arah kiri.

2.Motor Servo Rotation Continuous
Motor Servo dengan tipe ini mempunyai kemampuan untuk berputar terus menerus tanpa batasan.Maka dari itu Motor Jenis ini biasanya disebut motor servo dengan putaran penuh atau 360 derajat.

Prinsip Kerja dari Motor Servo

Prinsip kerja dari Motor Servo ini adalah dengan mengatur PWMnya maka kita dapat memperoleh putaran yang kita inginkan.PWM adalah Pulse Wide Modulation atau Sinyal Modulasi lebar pulsa ,Jadi kita dapat memberikan sinyal ini ke Motor Servo maka sudut porosnya akan berubah.

Dari hal ini dapat dibuat suatu Contoh jika kita memberikan lebar pulsa 1,5ms maka poros daripada motor servo akan berada pada posisi 0 derajat atau netral.
Jika kita memberikan sinyal kurang daripada 1,5ms maka poros akan berputar ke arah kiri atau biasa di sebut Reverse.
Jika kita memberikan sinyal lebih dari 1,5ms  maka poros akan berputar ke arah kanan atau  biasa kita sebut Forward.


Apabila lebar pulsa telah kita berikan pada saat itu juga perputaran dari poros akan bekerja sesuai dengan nilai lebar pulsa yang kita berikan tadi.Motor Servo ini dapat menahan porosnya untuk tidak berubah pada saat setelah kita kontrol.Akan tetapi hal  tersebut tidak selamanya dan hanya berlangsung pada 20ms,jadi ada baiknya kita memberikan sinyal cycle lagi setelah 20ms.

Harga dari Motor Servo

Mengenai harga dari Motor ini sebenarnya cukup relatif ya ,Untuk servo yang dipakai pada mainan anak anak atau untuk sekedar simulasi suatu sistem maka harganya kisaran puluhan hingga ratusan ribu,Akan tetapi berbeda lagi dengan Servo yang digunakan untuk Mesin industri maka haranya dari kisaran jutaan sampai puluhan juta,ini tergantung pada kemampuan dari Motor itu sendiri serta kapasitasnya.

Sekian dulu pembahasan mengenai Servo ,Apabila ada kesalahan dari penulisan artikel ini saya minta maaf.Dan jika anda berkenan bisa segera menghubungi saya untuk melakukan perbaikan dari artikel ini.

Terimakasih.........

Next Post Previous Post
1 Comments
  • jhonny wan of manik
    jhonny wan of manik 18 Mei 2020 pukul 19.45

    👍👍👍

Add Comment
comment url
Motor Listrik