Advertisement here

Trafo CT dan Trafo Non CT

Perbedaan Trafo CT dan Trafo Non CT

               Hasil gambar untuk ct dan non ct
Pembahasan  mengenai Trafo,Trafo merupakan komponen elektronika yang biasa digunakan untuk menaikkan atau menurunkan suatu tegangan.

Karena pada dasarnya kita bisa membutuhkan suatu rentang tegangan tertentu untuk keperluan tertentu pula,maka dari itu kita bisa rasakan betapa pentingnya si Trafo ini.

Di dunia pasar ,banyak sekali yang menjual produk produk dari Trafo ini.Bisa berbagai merk dan juga bisa berbagai spesifikasi.Tapi pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang merk terlebih dahulu.

Jenis Dari Trafo itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :

  • 1.Trafo CT
  • 2.Trafo Non CT


Walaupun keduanya mempunyai prinsip kerja yang sama akan tetapi akan terjadi suatu konfigurasi rangkaian yang berbeda antara keduanya.

Trafo CT
Trafo jenis ini banyak digunakan pada rangkaian power suppy simetris dengan gelombang penuh.Kita dapat temukan pada amplifier amplifier yang tersedia keluaran saat ini yang menggunakan kutub positif ,Netral dan Negatif.

Trafo CT ini mempunyai gulungan atau lilitan yang lebih banyak dibandingkan dengan Trafo Non CT.Dan jika kita lihat lagi perbedaan  trafo ini mempunyai 2 buah output yang secara teori keduanya mempunyai beda fasa 180derajat.Dan pada situasi ini si CT ini berperan sebagai titik netralnya.

Dalam segi kawat lilitan ,jika dibandingkan dengan Trafo Non CT maka kita bisa perahatikan bahwa kawat yang digunakan pada Trafo CT ini lebih kecil dibandingkan kawat yang digunakan pada Trafo Non CT.Hal ini membuat arus yang keluar dari Trafo CT ini adalah setengah dari spesifikasi Trafo tersebut.

Trafo Non CT
Trafo ini adalah kebalikan daripada Trafo CT,Pada Trafo jenis ini kita tidak akan menemukan tulisan CT pada terminalnya.Jadi anda dapat mudah sekali  membedakannya.

Trafo jenis ini banyak digunakan pada power supply tipe Non Simetris.Output dari Trafo ini hanya menggunakan 2 kabel yaitu kabel positif dan kabel negatif.

Amplifier amplifier jaman dahulu sangat familiar dengan trafo jenis ini yaitu menggunakan Trafo IT dan OT.

Sekian Artikel mengenai Perbedaan dari Trafo CT dan Non CT semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih..........
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik